Thursday, May 9, 2013

Tentang ( tidak ) Sekolah

Cins, Saka mau kamu sekolahin dimana?
Eh, itu saka kan udah 2th lebih, ga kamu masukin play group ya?
booo, kesian amat sih Saka ga kamu sekolahin...
Hah? homeschooling? apaan itu? maksudnya manggil guru ke rumah? mau mau aku, berapa duit?
Kamu jadi guru nya Saka? sanggup?

wiiidiiihhh ga cukup selembar kayak nya kalo aku tulis daftar pertanyaan kenapa Saka ga sekolah ( saat ini ).
eehh kok saat ini sih? iya saat ini memang saka ga pergi ke Play Group atau TK manapun sampai Saka usia 7th, menjelang usia 7th nanti ya aku, suami dan Saka speak - speak lagi tentang pendidikan Saka, mau lanjut homeschool seperti yang udah di jalanin sekarang or Saka pengen back to school di gedung seperti anak lain. Tapi jelas akan di paparkan juga resiko dari setiap pilihan nya baik HS or school, biar Saka bisa pilih pilihan mana yang resiko nya paling sanggup dia hadapi. Jadi ya memang saat ini Saka HS, tapi nanti belum tau lagi.

Aku lagi nge fans sama kata - kata " Anak itu tidak butuh sekolah, anak hanya butuh orang tua"...jleb jleb jleb banget denger nya.
Coba deh kita flash back, dulu aku suka girang banget pas libur sekolah entah karena bakalan stay di rumah or kumpul - kumpul sama kluarga dan main seharian sama temen - temen di rumah tanpa beban apapun.
Kalo pas ga enak badan dan ga pergi ke sekolah entah kenapa kok jadi happy ya hahaha, mungkin karena di jagain terus sama ortu or karena memang lebih suka di rumah daripada sekolah yang ada PR or pelajaran yang aku ga suka.

Kalo dulu orang tuaku kasih pilihan mau sekolah apa ga sekolah, pasti aku pilih ga sekolah aja, di rumah seharian fun sama orang tua, ikut mama ke salon nya ( mama ku dulu punya salon sendiri ), ikut papa main hoki ( dulu papa ku atlet hoki loh ), dll yang penting deket - deket mereka aja.

hehehe,,,tapi kan udah lewat ya, itu masa lalu ga bisa di puter lagi waktu nya.
Jadi makanya sekarang Saka di rumah biar puas main sama temen - temen, sama ayah bunda dan bebas ngapain aja sesuai passion nya. Dan lagi aku juga merasa masih sanggup handle pendidikan Saka plus memang ada waktu biarpun status masih working mom.

Nanggepin pertanyaan orang - orang kenapa Saka ga sekolah sih sebenernya hak aku juga kalo lagi males ngomong ya ga aku jawab hahahaha, tapi aku suka jawab gini:
1. Wajib belajar kan start dari usia 7th, Saka masih 2th kok *hihihihi
2. Play group apa sih aktivitas nya? nari, nyayi, edugame? iya Saka juga di rumah gitu kok kegiatan nya
3. Miss di play group nya itu fun dan pinter banget, iiihhh lebih fun juga aku plus menggemaskan lagi bikin Saka cinta mati sama bunda nya  *ngawuurr* tapi kenyataan sih hahahaha.
4. Saka belum minta sekolah juga tuh.

hahahaha asal deh ya emak Saka ini, tapi ya emang aku, suami dan Saka juga suka suka aja, yang penting kami sebagai orang tuanya ga melupakan tanggung jawab pendidikan ke anak, dan yang lebih penting lagi kami sangat menghargai pilihan anak termasuk pilihan tentang sekolah or homeshool. Anak itu bukan kertas kosong yang mesti di tulis - tulis sama ortu or guru, mereka udah lahir alami dengan karakter masing - masing yang unik dan ga bisa di samaratakan.




when we tech less, children will learn more,

10 May 2013





No comments:

Post a Comment