Sunday, May 19, 2013

Its mine & thats yours


Kepemilikan,  ini bahasa kerennya hehehe, aku liat Saka suka ngerebut barang dari orang lain, sofar  ngerebut nya sih kesepupunya karena tau sepupunya yang lebih besar dari dia bakalan ngalah kali ya hehehe, tapi bunda ga mau juga nanti Saka terbiasa ngerebut barang dan mentang - mentang sama sepupu sendiri lalu aku nyante aja. Kalo selama ini memang bunda selalu berperan jadi orang asing kalo pas Saka ngrebut barang dari sepupunya, karena sepupunya juga fine - fine aja dan mereka ga ngelibatin bunda juga *alergi sama ikut campur* lol.

Tapi ini ga berlaku kalo Saka ngrebut barang bunda or pake barang bunda tanpa ijin dulu.
Bunda pengen ngenalin Saka tentang kepemilikan:
  • awalnya bunda kenalin dulu mana barang - barang Saka, bunda, ayah. Walau pun secara ga langsung Saka sebenernya tau barang masing - masing, tapi di kenalin lagi biar sama persepsinya antara penghuni rumah.
  • Bunda iklanin kalo mau pake barang yang bukan punya Saka mesti ijin dulu ke yang punya dengan tanya " boleh pinjem apa ga". Kalo yang punya bilang boleh baru Saka bisa pake, tapi kalo yang punya bilang ga boleh brati Saka ga bisa pake dan ga boleh maksa.
  • Bunda sama ayah nya juga neladanin kalo mau pake barang Saka or melakukan sesuatu yang ada hubungan nya sama Saka ( cium, dll ) ya ijin. Ini juga berfungsi anak terhindar dari melakukan bully or jadi korban bully.

Kalo ada yang tanya emang nya Saka ngerti kamu ajak ngobrol begitu, aku sih yakin Saka juga ga ngerti tapi anak akan tau pola, makanya di butuhin ortu yang konsisten sampe anak nanti akan terbiasa dan tau polanya, itu aja yang di jalanin.
Kalo rempong mikirin tentang model bahasa yang di pahami sama anak - anak malah sibuk mikir dan ga jalan - jalan parenting nya hehehe.

Sekarang Saka udah kebiasa ijin kalo pake barang bunda or ayah atau juga kalo pengen malukukan sesuatu ke ayah apa bunda, tapi masih pinjem nya or minta ijin melakukan sesuatu ke kita itu maksa hahaha, tapi bunda berusaha konsisten, kalo bunda ga kasih ijin brati Saka ga bisa pake dan ga bisa maksa, titik. Akirnya ending nya Saka nangis or cari mainan lain.
Kalo nangis ya tinggal aku fasilitasi sesuai energinya itu emosi apa strategi. Kalo Saka cari mainan lain ya brati syukur alhamdulilah iya kan, story end hehehe.

Kalo kasus nya Saka udah keburu pake barang bunda tanpa ijin lalu berantakan ya tinggal bunda minta ganti rugi ke Saka. Biasanya Saka suka banget pake sepatu bunda lalu berantakan di rak, ya bunda minta ganti rugi Saka mesti rapiin rak sepatunya.
Kalo anak belum tau tentang ganti rugi ya brati pelan - pelan kita ajak dalam proses ganti ruginya, misal minta Saka ngebantu dalam proses ngrapiin rak sepatu kembali *trust me its wokr* #iklan lol. ( daripada bunda nya ngomel - ngomel sambil beresin rak sepatu, percaya deh ga bakalan di denger sama anak ).

Memang ga gampang, tapi siapa lagi yang mau kasih pelajaran macam begini  ke anak kalo bukan ortu nya??
ga ada kurikulum nya di sekolah juga loh. The best teacher for children are their parents.



20 May 2013


4 comments:

  1. Klo ngadepin yang sebaliknya gimana bun,
    ex:
    ada temennya yang nyerobot pake mainan dia tanpa ijin,, akhirnya berantem deh,,,
    Cara kita jelasin ke anak kita *sebagai korban* gimana,,

    tks b4..

    ReplyDelete
  2. hai mbak dyah, kalo aku lg enjoy peran jadi wasit pas anakku berantem or rebutan selama situasi msh aman, aku pernah tulis jg di "jd wasit itu ga gampang". dan trs iklanin soal kepemilikan ples 3 situasi sulit ( atasi, adaptasi, selamatkan diri ).

    ReplyDelete
  3. iya aku udah meluncur ksana "jadi Wasit",,,

    salah ndak sih klo kita ngajarin anak sedikit "badboy", abisnya my son anaknya tipikal ngalahan gt semacam tertindas terus jadinya *jadi rada gemes* :D

    ReplyDelete
  4. mbak dyah, mmg nya anak nya pernah blg ke mbak kalo dia tertindas kah? kalo anak dtg ke kita mst di cek dulu apa anak butuh curhat ( sediakan hati dan tlinga aja ) or butuh bemper ( tergatung mbak mau jd bemper apa ga) or butuh kamus ( kasih pilihan 3 situasi sulit ). kalo anak di ajarin jd "bad boy" asal tujuan mbak dyah tercapai dan resiko jd "badboy" sanggup di hadapi ya monggo.

    aku juga pernah gemes bgt pas anak ku jd korban bully, menurutku itu bully hehehe, cb "ceki ceki di situasi sulit saka", smoga ngebantu ya mbak.

    ReplyDelete