Thursday, May 16, 2013

Jadi wasit itu ga gampang

Tau kan job desk nya wasit tinju? cukup mengawasi jalan nya pertandingan, bila udah ga adil dan ga aman maka wasit menghentikan dan minta mereka ganti pake cara yang adil dan aman.

Trust me sama sekali ga gampang jadi wasit pas ngliat anak kita lagi beradu sama temen nya, karena sering nya Saka yang di jahatin *versi ku* sama temen yang usia nya 5th.

kalo dulu aku langsung menuduh itu tindakan pem bully an terhadap anak ku *nyengir asem*. Padahal belum tentu juga itu bully, bisa jadi itu memang cara bermain mereka.
Kemaren kejadian nya Saka kluar rumah sama aku untuk main - main sama tetangga, udah banyak temen - temen nya yang pada main sepeda.
Saka langsung nimbrung lah dengan ceria nya, tapi temen - temen yang udah dulu main langsung menaggapi kedatangan Saka sebagai perusuh.
Akhirnya mereka di pimpin satu orang anak bilang kalo Saka nakal, Saka jangan deket - deket kita, dll.

Emak nya mulai deg - deg an antara kesel dan gemes sama anak - anak itu plus nyadar kalo udah tiba saat nya aku praktek jadi wasit, setelah kenyang sama teorinya, dan nunggu reaksi Saka.
Rasanya pengen skip deh praktek jadi wasit, eeeh tapi ini saat nya memberi kesempatan Saka yang terlibat sengketa sama temen nya buat belajar nyelesein masalah or situasi sulit ( kuasai, adaptasi, selamatkan diri ). Daaan saat nya aku belajar buat ga ikut campur urusan anak kalo ga di libatkan *susyeeeh*.

Pas kejadian Saka di "serang" sama temen - temen nya, Saka lebih pilih kuasai situasi sulit nya, dia balik nyerang dengan kata - kata "jangaaan" plus ancang - ancang mukul.
Tapi belum mukul karena nurutku itu bentuk pertahanan aja. Tau Saka melakukan pertahanan maka salah 1 temennya makin agresif bersiap mukul Saka, fyi temen - temen Saka usia nya 5th.
Nurutku situasi masih aman karena temen nya juga cuma siap - siap mukul tapi ga mukul beneran dan Saka pun cuma bilang "jangaaan" tanpa ngelihat aku or minta bantuan.
*emak keep watching sampe adegan berbahaya*

Ending nya, ibu si temen yang marahin anak nya karena "jahat" sama Saka yang lebih kecil, versi ibu ini adalah mainstreem : membela yang lemah ( umur lebih muda ) hihihi.
Dan Saka lebih pilih pergi dari temen - temen nya dan main yang lain dengan ekspresi biasa aja dan ga ngedeket ke aku sama sekali.
*woooshhhaaah... mulai bisa napas lega*

Malam nya si temen yang "jahat" menurut versiku itu juga main ke rumah dan mereka biasa lagi ber haha hihi nonton barney.
Aku yang dengerin tawa mereka dari taman depan rumah mulai bersyukur karena terhindar dari ikut campur.
Sekarang PR ku dan suami :
  • - Terus lanjut kegiatan merasa buat ngebedain emosi or strategi
  • - Teladanin untuk tidak memaksakan kehendak ortu ke anak/ anak mesti patuh ( bully versi halus #modus ) karena bisa jadi di luar rumah dia juga memaksakan anak lain untuk patuh dan nurut sama dia karena itu hal biasa di rumah ( teladan ),
  • - Lanjut buat Saka belajar kecewa aman ( kecewa aman adalah kecewa yang tidak membahayakan diri sendiri, orang lain dan merusak)
  • - Belajar kepemilikan ( bahwa memang perlu ijin kalo mau melakukan sesuatu ke orang lain or pake barang orang lain )

Memang jadi ortu fasilitas belajar ini ga mudah, bakalan babak belur, berdarah dalam proses nya, tapi tenang udah banyak sedia perban sama obat merah buat luka - luka nya biar cepet sembuh dan belajar lagi lol.....

  
17 May 2013

No comments:

Post a Comment