Tuesday, May 21, 2013

Membaca yuk,

amppuun jangan di sambit saya kalo berani ngajarin anak membaca pas usia 2th 5bln pliissss,,,,hihihihi.
Gini ceritanya, bunda punya flash card yang isinya tulisan besar warna merah, mulai dari tulisan ayah, ibu, adik, kakak, dll sampai ada sekitar 100 kata.

Flash card ini udah lama bunda beli sekitar pas Saka umur 6bln tapi berakir nongkrong di lemari lengkap masih bungkus rapi oleh plastiknya hehehe,
karena apa beli? karena promo pemirsah *tutupmuka #discountminded.

Di flash card nya sih di tulis untuk ngajar bayi membaca, eehh aku nya mulai mengerutkan dahi aga - aga ga setuju bayi kok di ajar baca sih.
Aku terusin baca lagi petunjuk penggunaaan nya lumayan fun, cuma aku belum tertarik pake flash card tulisan saat itu, aku masih suka pake flash card gambar seperti di
tulisan flashcard .

Nah baru kemaren pas bongkar lemari ngliat flash card ini, iseng aku ambil 5 lembar flash card isi nya tulisan AYAH, IBU, ADIK, KAKAK, NENEK.
Aku tanya Saka mau main flash card ga, Saka setuju dan aku mulai :
  • Nunjukin tulisan AYAH ke Saka dengan jarak kira - kira 50cm selama 2 detik
  • Ganti nunjukin tulisan IBU selama 2 detik sampai trakir tulisan NENEK
  • Aku ulang lagi dari AYAH - NENEK 1x
  • Aku ambil 2 tulisan AYAH dan IBU, aku taruh berdampingan dan minta Saka nunjuk mana tulisan AYAH
  • 5 Flash card aku taruh di karpet, lalu aku minta saka lompat ke tulisan Ibu, dll sampe ke lima tulisan slese
Cara di atas itu hasil mitch match petunjuk yang ada di flash card sama cara ku sendiri, karena Saka suka gerak,
jadi aku tambahin lompat - lompat ke tulisan yang bunda sebut.
Aku bukan type emak kompetitif yang suka panas ati pas ngliat anak seumuran anak ku bisa sesuatu lalu aku berusaha biar anaku juga bisa.
Males cape ati yaa kalo nurutin begitu, so thats why aku juga ga suka maksa anak do something karena aku juga ga suka di paksa :)).
Jadi kemaren itu:
  • Murni fun, main, ga ada target apapun.
  • Emak nya pake energi memberi, jadi ga minta or expect apapun ke anak, apalagi minta anak bisa, bisa di golok rame - rame sekampung hahaha.
  • Waktu main flash card juga cuma 15 menit biar ga bosen, selanjut nya ya main trampolin di kamar a.k.a lompat - lompat di kasur hehehehe.
Flash card ini diperkenalkan oleh Glenn Doman, dokter ahli bedah otak dari Philadelphia, Pennsylvania.
Flash card ditujukan untuk mendayagunakan kemampuan otak kanan anak mengingat *hasil google.
Banyak pro dan kontra di awal kehadiran flash card. Kalau aku pribadi selama tidak membahayakan dan ada yang bisa diambil manfaatnya, kenapa nggak? Yang pentiiiing jangan memaksakan kalo anak memang belum mau, catet ya mak !

Ending dari main kemaren apa donk? hehehe believe it or not, Saka happy dan dia bisa nunjuk or lompat ke tulisan yang bunda sebut.
Kebetulan juga kali ya hihihihi, tapi selama emak dan anak fun dan menikmati, patut di coba lagi next day.








22 May 2013




No comments:

Post a Comment