Friday, May 10, 2013

Anak siapa sih itu !?


Pertanyaan "anak siapa sih itu" buat aku pribadi seperti pedang bermata dua *bahasanya,,,hahaha.
Karena pertanyaan "anak siapa sih itu" adalah ungkapan yang ditampilin saat orang tergugah oleh perilaku anak, entah baik or buruk sebagai tolak ukur kinerja ortu karena perilaku anak adalah hasil belajar.

Gini nih contoh nya, anak kita mau tampil pas ada acara sama temen - temen, bangga donk ya sebagai ortu nya, bahkan ga di tanya pun ortu bakalan show up kalo itu anak ku loh *betul ga...apalagi pas di tanya "anak siapa sih itu??" langsung deh nyamber mentioned "anak guweeh laah" yaah buah jatuh tak jauh dari pohon hahahahaha.

Nah sekarang situasinya dibalik, pas anak kita doing something bad or ga sesuai expectasi ortu, apa reaksi kita? pasti jiper duluan kalo ada yang tanya "anak siapa sih itu???" wekekekeke.
Dulu nih aku juga sibuk bilangin Saka kalo ketemu sodara or orang lain mesti salam ya, ramah, kalo punya mainan dimainin bareng ya sama temen nya, kalo punya makanan di bagi sama temen or sodara, and so on.
Pencitraan banget nih emak Saka, hasrat pengen ngejadiin Saka seperti yang ada di kepalaku plus takut pertanyaan dan tatapan mata "anak siapa sih itu" jadi bikin jiper hahaha ( ampuuun itu dulu )......

Kalo sekarang apa kabar emak Saka? sekarang mah emak Saka hidup nya nyante kayak di pante *hidup di Bali soalnya* hahaha ga nyambung.
Tapi setelah banyak belajar parenting jadi mata dan hati terbuka lebar, apalagi pas baca puisi nya Kahlil Gibran yang judul nya "anakmu bukan anakmu".
Ada satu bait yang bikin mata dan hati jadi melek kayak abis mandi pake kopi hihihi.
"Bisa saja mereka mirip dirimu, tapi jangan pernah menuntut mereka jadi seprtimu"
Daleeeemm cins....

Saka itu punya prinsip yang baru bisa longgar kalo ada tawaran yang menarik buat dia .
Sekarang Saka bisa marah kalo ada orang lain pegang anggota badan nya, entah rambut, pipi, dll, bisa dia bilang  "jangan mbak" or "aku ga mau" lengkap dengan muka asem nya hihihihi.
Saka bisa bilang " jangan liat - liat aku kok " pas ada orang sibuk mandangin dia, kali karena gemes.
Kalo dulu pasti aku udah sibuk bilang "ehh Saka ga boleh begitu" karena ga sanggup ngadepin tatapan sinis "anak siapa sih itu" dari orang lain wekeke.

Kalo sekarang aku mulai bisa ikhlas menerima tatapan "anak siapa sih itu" pas Saka melakukan hal yang tidak sesuai expectasi orang lain.
Karena apa? ya karena itu memang hak Saka sebagai individu yang memang orang lain perlu ijin ke dia kalo mau melakukan sesuatu ke dia, bahkan kalo mau pegang gemes sekalipun.
Justru aku sebagai ortu nya ya bangga karena Saka bisa membuat orang lain not to touch her in every where karena mengaggap Saka hanya anak kecil yang bikin gemes dan wajar untuk de pegang - pegang.

Pertanyaan "Anak siapa sih itu" justru bisa kita jadiin kesempatan untuk belajar buat ortu yang sanggup jadi teladan - teman - konsultan buat anak - anak nya.
Buktinya Saka di Gereja waktu kita salam damai juga dia udah ikutan sibuk nyalamin orang - orang yang duduk dekat dia tanpa di minta, karena dia meneladani sikap dari ortu nya. It's just a simple example but big clue for me.



11 May 2013

2 comments:

  1. nice MaSak (mama saka .red) patut kutiru

    ReplyDelete
  2. hihihi amingce paling bisa deh ya bikin singkatan nama. tiru yg baik2 aja ya mingce

    ReplyDelete