Wednesday, May 8, 2013

Beresin mainan sendiri,


Nah soal beresin mainan sendiri ini suka panen komen dari luar, Uti Saka juga sering komen " tega kamu sama anak sendiri " hihihihi.
Pemikiran orang kan beda, kalo buat Uti mungkin sebisa mungkin selama fisik masih kuat beliau akan men serve anak cucu sedemikian rupa, jadi anak cucu mah tinggal nyante - nyante aja selama ada Uti.
Kalo pemikiran ku beda lagi, sebisa mungkin dari dini anak udah di teladanin soal disiplin, tanggung jawab ( at least tanggung jawab ke diri sendiri dan benda pribadi ), dan ada usaha di setiap keinginan.
Tidak ada yang benar or salah, asal tujuan kita tercapai dan resiko dari pilihan sanggup di hadapai. Dan juga aku mulai pelan - pelan ga ikut campur urusan anak selama ga di libatin ( kalo anak bisa & mampu handle sendiri kenapa emak bapak ribut sendiri pengen terlibat dan kepo ).

Hehehehe hasil nya mah ya cuek aja kalo dapet komen soal "tega" dari Uti or orang lain karena meminta Saka beresin mainan nya or ngerjain sesuatu sendiri.
Karena tega dan konsisten itu beda arti, tega artinya tidak menaruh belas kasihan; tidak merasa sayang (kasihan dsb); tidak peduli akan nasib (penderitaan) orang; sampai hati:, kalo konsisten artinya (1) tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; (2) selaras; sesuai.
Membereskan mainan bukan berarti aku tega tapi lebih pada konsisten dan meng ON kan tanggung jawab.

Tapi memang aga - aga susah ini minta Saka beresin mainan yang abis di pakai, mesti emak nya yang pinter - pinter cari cara hihihi.
Jadi pake deh sistem dagang, kebetulan aku udah punya list kesukaan Saka jadi itu bisa aku jadiin "dagangan".
Misal Saka pengen banget main tab, jadi aku tinggal bilang "mau main tab?(barang) Saka beresin dulu mainan nya (harga) sampe lagu di HP bunda selesai baru Saka boleh main tab"
Hasilnya Saka mau buru - buru beresin mainan nya, balikin kotak mainan di tempat semula demi bisa main tab.






Tapi ya ga melulu laku juga dagangan ku, misal aku dagangin main - main di luar asal beresin dulu mainan nya,
ternyata buat saka ga main di luar pun ga masalah karena main di dalam rumah pun masih seru *hahaha emak kalah pinter, jadi deh dia ga beresin mainan nya.
Kalo udah gini ya emak nya yang mesti siap kecewa kalo anak lebih milih main di dalam rumah dan resiko emak yang beresin mainan nya hahaha.

Ya nama nya parenting pasti ada up and down dalam prosesnya, tapi justru seperti ini yang makin bikin semangat emak nya
buat kasih kesepkatan yang SMART ke anak, jadi di nikmatin aja hihihihi.


8 May 2013


No comments:

Post a Comment