Tuesday, May 21, 2013

Kecewa

Ahhh masa kecewa aja perlu belajar sih, lebay deh,,,
Eh tapi seriusan ini kecewa pun memang perlu belajar, biar anak sanggup kecewa dengan aman.
Maksudnya ? belajar kecewa bukan berarti anak di larang kecewa tapi belajar biar kecewanya itu aman yang ga ngebahayain diri sendiri ( misal pas kecewa jedotin kepala ke tembok ) atau ngebahayain orang lain ( misal pas kecewa terus ngejambak or nyakar orang yang di dekat dia ) atau merusak ( banting banting barang ).

Cara nya biar anak bisa kecewa aman itu dengan cara belajar memilih:
  • enak vs ga enak biar anak tau apa yang enak dan yang ga enak buat dia
  • enak vs enak biar anak ga serakah mau semua yang dia suka
  • ga enak vs ga enak biar anak sanggup menyelamatkan diri dari situasi yang ada dengan pilih pilihan yang paling sanggup di hapadi resiko nya.

Harapan nya sih anak terbiasa memilih pilihan yang memang resiko nya paling sanggup di hadapi dan memilih tanpa tantrum, kayak yang di jelasin sama Psikolog Toge di kecewa .

Kalo kemaren Saka ngajak main sepeda di luar sama bunda, aku bilang hayuuk bunda temenin main sepeda tapi di beresin dulu flash card nya sampe selesai, sendiri sebelum 3 lagu di hape bunda selesai ( karena flashcard nya aga banyak, jadi waktunya lamaan sampe 3lagu ), kalo ga di beresin sendiri setelah 3 lagu di hape bunda selesai brati batal main sepeda ya, deal, salaman.

Awalnya Saka beresin sendiri flash card nya, tapi lama - lama uti ikut bantuin Saka ( katanya sih ga tega liat Saka ), tapi yang ada malah Saka manfaatin uti buat beresin flash card nya dan Saka asik main yang lain. Selese beres smua flash card nya, Saka nagih ngajak main sepeda di luar, bunda bilang aja " enggak jadi karena tadi Saka ga beresin flash card nya sendiri tapi di bantu uti " lalu aku ngerjain yang lain.

Deal is deal jadi aku ga pake ngomel karena Saka ga beresin flash card nya, tinggal jalanin konsekuensi nya kalo Saka ga beresin mainan sendiri brati bunda ga nemenin main sepeda di luar, story end hehehe. Raekasi Saka? mewek plus nangis, reaksi bunda? sediakan hati saja karena Saka kecewa ( emosi ), dan ga sampe 5 menit Saka brenti nangis dan cari mainan lain. Emosi itu sesaat karena letupan kecewa.

Kalo bunda konsisten, nanti Saka akan tau pola. Dan soal kejadian uti bantu Saka itu bunda ga ikut campur, biar jadi urusan Saka dan uti, kesepakatan awal tetep jalan antara Saka dan bunda. Tega?? enggak donk ini nama nya konsisten, memang bakalan berdarah dalam proses nya tapi again ini ga ada kurikulum nya di sekolah, jadi memang ortu yang banyak andil.

Nangis itu halal dan itu salah satu alat buat nyalurin emosi, jadi jangan pernah nglarang anak nangis karena emosi, or nenangin bahkan menghibur anak yang nangis karena emosi, itu sama juga menghambat saluran emosi nya, akibat nya saluran kesumbat, ngendap dan bisa meletus kapan aja ( bisa jadi dia ngigau pas tidur, tiba - tiba nangis sedih pas tidur ) karena pas siang nya saluran emosi kesumbat, jadi di salurkan alam bawah sadar pas lagi tidur.

Kita aja yang segede ini masih suka pengen nangis kan kalo lagi ada masalah? setelah nangis kita malah legaaa, jadi anak - anak pun juga sama, lega setelah nangis. Jangan nakut - nakutin kalo nangis nanti di suntik dokter loh, di bawa satpam loh, di gigit ayam loh, dll *geli.

Jadi tugas pertama ortu nya mesti bisa bedain nangis nya itu emosi apa strategi biar ga salah nge treat.



22 May 2013





No comments:

Post a Comment