Tuesday, June 4, 2013

She can handle it

Saka tuh lagi heboh - heboh nya pengen melakukan semua nya sendiri, mulai lepas baju dan pake baju sendiri, pilih baju sendiri, sisiran sendiri, makan sendiri, dll. Sampe trakir mulai beberapa hari lalu Saka lepas celana sendiri, ke kamar mandi dan pipis sendiri. Karena bunda nya masih suka spontan ikut campur dan kepo, akirnya kemaren kena semprot Saka deh " bunda sini aja, jangan ikut - ikut " hahahaha kepo sih bundanya.
Eh bukan cuma kali ini sih kena semprot Saka, waktu Saka nyanyi dan bunda ikutan juga ga di bolehin Saka hehehe, dilarang copy paste and please cari lagu sendiri hahahaha.

Kalo soal pipis ini akhirnya aku iklan dan teladanin aja deh sebelum dan sesudah pipis cuci tangan pake sabun biar kuman nya ga pindah tempat. Dan PR ayah sama bunda buat nyediain tempat sabun yang terjangkau oleh Saka ples rajin - rajin nyikat lantai kamar mandi biar ga licin pas Saka ke kamar mandi sendiri.
Pernah nih juga tiba - tiba Saka pipis nya sambil berdiri karena contek gaya ayah hehehe, tapi udah di infoin kalo cewe kayak Saka dan bunda pipis nya jongkok sekalian deh ngasih tau beda gaya pipis cewe dan cowo wekekekeke.

Nah kalo soal pake baju, bunda bebasin Saka mau pake baju apa aja, karena baju nya juga udah di kelompokin ke baju buat pergi, dirumah dan baju tidur.
Cuma iklan aja sih kalo sore pake bajunya jangan cuma kaos dan celana dalem aja tapi di tambahin rok or celana luar karena Saka main - main di luar rumah juga biar sopan celana dalam nya ga kliatan orang lain.

Dari kejadian itu aku dapat pelajaran berharga juga:
  • Respect your child in every aspect of their life ( its just like we put ourselfe in others shoes )
  • Freedom of Movement & Choice ( kita aja ga mau kan di larang ini itu sementara kita punya alasan for do that? jadi anak juga sama kayak kita )
  • Teach independence
  • Teach not by correcting but by modelling ( hehehe ini yang aku paling suka, ga usah bawel sana sini deh, di contohin aja dulu sama sikap kita a.ka rajin - rajin ngaca )
  • Patience
  • Love and support them
Yasudlah kalo udah begini ceritanya mah brati bunda mesti banyak - banyak ME time biar happy & tentu aja nularin happy nya kesemua sudut rumah ;))


5 June 2013



No comments:

Post a Comment