Wednesday, July 24, 2013

Payless kids activities

Follow the Child: Where will Saka lead me today?
Homeschooling sama aja sama pendidikan lain, ada up and down nya. Tapi mungkin karena HS itu kadang aku suka merasa tanggung jawab banget soal pendidikan karena ga pake bantuan guru seperti anak yang pergi ke sekolah gedung.
Jadi aku suka sibuk mikirin aktifitas apa buat Saka yang fun tapi tetep ada unsur memaksimalkan sensor motorik halus dan kasar nya.

Dan akirnya aku inget kalo Saka kan juga punya hak buat mutusin apa yang pengen dia lakukan sama bunda sore itu. Bener aja, pas aku tanya Saka mau main apa, dia lancar nyebut kegiatan yang pengen dia lakuin, mulai dari main beli - beli pake duit mainan, masak - masak an, potong - potong buah pake pisau plastik dan buah plastik, main lompat - lompat, main dokter - dokter an, dll.
Dan ketika dia yang memutuskan main maka makin berasa sama - sama enjoy nya. Dan sumber - sumber mainan itu ga harus ngluarin duit kok, manfaatin aja apa yang ada di rumah.


Jelly pun bisa pake main - main dan belajar warna ples ngelompokin jelly berdasar warna




 Nuang air ini ternyata asik loh buat Saka, main air dan bonusnya Saka mulai mahir nuang air minumnya sendiri



 Beras ga cuma buat nasi lalu di makan, bisa pake main - main belajar spooning, takar menakar




hohoho Saka udah kenal sendok sama garpu dan dia ngelompokin berdasar jenis nya,,aseek 




Potong - memotong itu ga gampang buat anak - anak, melatih motorik halus nya, sabar dan ending nya bisa makan buah hasil potongan nya hahaha cara asik makan buah 



 
Anak mana yang ga suka cetak - cetek lampu??? hahaha manfaatin aja biar anak sibuk dan jobdesk nyalain ples matiin lampu ruang tamu, depan, kamar tidur, kamar mandi biar jadi jobdesknya, kids love to be busy, right?
eeh biasanya bunda selipin minta tolong matiin or nyalain lampu in english, lalu translet ke bahasa




 Nyuci dan seneng - seneng? bisa banget, Saka suka bawain cucian kering ke tempat jemuran. Dia paling suka dilibatin di setiap kegiatan yang bunda nya lakuin. abis jemur, dia masukin boneka nya ke keranjang dan di tarik kesana kemari.





25 July 2013



No comments:

Post a Comment