Sunday, July 21, 2013

Digital Kids

Anak mana di jaman sekarang yang ga kenal internet, ga kenal tab, ga kenal ipad, ga kenal gadget lain yang super canggih itu? rata - rata sekarand SD udah pada bawa laptop ke sekolah dan sehari - hari mereka ga jauh - jauh dari internet. Jangankan SD, Saka yang umur 2th 8bln aja udah kenal apa itu tab dan akrab cara nyari games nya di sebelah mana dan apa yang di pencet, hihihi yeah anak dan jaman terus berubah, jadi pengetahuan ortu nya juga terus di upgrade donk ya.
Jangan sampe mandek sama pengetahuan yang itu - itu aja, alasan nya udah tua ah ngapain belajar internet, udah tua ah bukan jaman nya lagi ngikutin anak muda, bla bla bla....

Jadi pinter, jadi tahu, jadi ngerti itu kan bukan built in dari sono nya, itu pilihan. Kita pilih mau bisa ya brati mesti mau belajar, kalo memang pilihan kita mau jadi STD ya sud duduk anteng aja sampe ada yang bilang ketinggalan jaman hehehe, dalem ye nohok nya. eeeh bukan berarti bunda Saka tau segala nya ya, enggak....tapi mungkin karena type yang ga gampang percayaan jadi memang suka nyari - nyari sendiri kalo memang ada yang nurutku belum bisa aku terima secara logika.

Ada kok ortu yang memang ngebatesin anak - anak nya berhubungan sama internet, biasanya karena internet cuma buat nge game or melakukan kegiatan tidak produktif lain nya.
Padalan internet itu jendela dunia, maksudku internet just like you travel all over the world from home. Tinggal klik sana sini kita udah bisa menjelajah dunia. Bunda sendiri penggemar berat internet, karena dari internet bisa belajar mempercantik blog, bisa bikin kerajinan tangan, atau bahkan aku bisa menemukan jawaban pertanyaan sebelum bertanya ke orang lain a.k.a pengetahuan tanpa batas hihihi.

Jadi nurut ku tantangan ortu sekarang bukan pada ngebatesin or bahkan ngelarang anak buat ga bersentuhan sama dunia digital, tapi bagaimana memperkenalkan dunia digital dan menjadikan kegiatan anak di dunia digital menjadi lebih produktif. Aku suka sekali ngliat ortu yang ketika di tanya anak dan memang kebetulan mereka ga tau, maka ortu suggest lets we find together by internet. Kan memang ortu or guru itu cuma salah satu sumber pengetahuan, dan ngebiasain anak mandiri mencari tau jawaban pertanyaan lewat internet salah satu nya itu halal kok.

Kalo anak jadi lebih tau dari ortu ya mestinya ortunya bangga, dan udah saatnya anak bagi - bagi ilmu ke ortu biar sama pinternya hihihi, ga usah gengsi diajarin sama anak. Buat jadi guru bukan berarti mesti jadi tua dulu kan ya.




22 July 2013

No comments:

Post a Comment