Saturday, July 20, 2013

Meet The " Pengacara Anak "

Kemaren 20 July 2013 judul nya nongkrong bareng si om Ge, itu panggilan keren nya Psikolog Anak Toge Aprilianto.
iih ngapain sih Saka pake ketemuan sama psikolog anak? emangnya Saka bermasalah ya? 
enggak donk, ga ada masalah sama sekali kok sama Saka. Justru karena ayah sama bunda pengen kenal Saka lahir bathin dan buat makin suksesnya Home Schooling nya Saka juga, hahaha macam partai politik aja pake team sukses.

Dari hasil tongkrongan kemaren buanyaaak ilmu yang bunda dapet. Tapi kemaren sempet sih aga - aga worried Saka bakalan rewel or galak pas ketemu sama om Ge, karena Saka memang ga begitu ramah pas ketemu sama orang baru ( ada sebab nya galak itu ). Beberapa hari sebelum nongkrong, bunda sama ayah udah iklan kalo Sabtu nanti kita akan ketemuan sama temen bunda nama nya om Ge di ayam maknyus ( KF* ) dan energi bunda jg udah ke set memberi saja percaya saja, ga nuntut apapun ke Saka. Dan surprise,,,,begitu ketemu sama om Ge, Saka nyaman karena om Ge nya juga ga jailin Saka, beda kalo ketemu sama orang lain pasti di jailin karena gemes. Dan selama nongkrong kemaren ga ada play ground nya jadi keisengan Saka kluar karena nganggur ga ada kerjaan, jadinya dia muterin ruangan nyari anak yang bisa di jailin haha dan ini baru bener - bener bunda tau kalo Saka memang langsung jail ke anak yang energinya ga lebih besar dari dia.

Dari nongkrong kemaren, ayah sama bunda jadi tau 10 fakta tentang Saka hihihi, cekidot:
  1. Templet nya Loko - Benefit, Loko : mandiri, Benefit : mencari untung sebesar - besar nya hihihi. Dengan mudah ngedekitin orang yang dianggap bisa kasih keuntungan paling besar buat dia. Misal bunda nguntungin Saka sebanyak 10, tapi Ayah kasih keuntungan 11, ya Saka akan pilih ke Ayah daripada ke Bunda hahaha.
  2. Pola Belajar nya : Melihat - melakukan - merasakan. 
  3. Generalis : Jadi Saka cenderung pembosan, dia akan cari kegiatan baru kalo memang dirasa kegiatan lama udah bisa walaupun bisa nya ga detail ( hahaha bunda banget ini ). Jadi PR buat ayah bunda adalah ngadepin anak generalis ini dengan membuat kesepakatan yang jelas sesuatu yang di mulai dan di akhiri dengan apa ( tanda mulai dan tanda selesai ), biar sama persepsi dan ga ada yang di rugiin. Contoh nih kesalahpahaman yang udah terjadi:  Bunda pernah bilang kalo Saka bisa kayuh sepeda kecil nya nanti bunda belikan yang gedean, akirnya beneran dia udah bisa kayuh dan versi bunda kayuh sepeda itu mean bersepeda sendiri, tapi versi Saka kayuh sepeda adalah asal bisa kayuh aja dan selesai hahaha pantesan kemaren - kemaren susah amat memotivasi soal sepeda hahaha.
  4. Generalis itu type orang yang ga gampang kecewa, karena type ini ngelakuin sesuatu dengan ekspektasi kecil, kalo berhasil ya syukur dan kalo ga berasil pun juga gpp. Makanya lagi - lagi PR buat ayah bunda untuk buat KESEPAKATAN TARGET sampe bisa di bilang BERHASIL atau SELESAI itu seperti apa.
  5. Saka type ekspresif alias emosi keluar, jadi lebih mudah kita tau dia lagi sedih or seneng.
  6. Tentang galak nya Saka ke orang lain, itu lebih pada bentuk dari pertahanan diri nya, karena iya memang betul kita masih hidup di masyarakat dengan budaya orang gede yang "kurang ajar" uppss,,,maksudnya? iya coba aja perhatiin kalo orang gede ketemua sama anak kecil, pasti di towel lah, di cium paksa lah, di gemesin lah jadi anak merasa di intervensi dan mulai ngebentuk pertahanan diri karena merasa terancam. Kita aja nih kalo ketemu orang baru terus di colek or di cium paksa mau ga? kalo bunda sih ogaaaah, makanya Saka juga ogah di jajah sama orang gede itu makanya dia judes dan ga ramah hihihi.
  7. Saka type yang ingin berkuasa alias ngeksis hahaha, jadi dia akan cari orang yang energinya lebih rendah dari dia biar Saka bisa menguasai situasi, ini terkait sama tamplet dia yang loko - benefit.
  8. Biarpun Saka type emosi keluar atau ekspresif tapi ketika dia mulai kecewa dia ga akan nampilin kecewa yang extreme ( kecewa nya masih aman ), Saka cenderung "magerin" diri pas dia kecewa, tampilan nya mirip kayak emosi kedalam. Tapi ketika dia selesai nuntasin emosi kecewanya dia akan info kalo memang udah kelar.
  9. Karena Saka generalis jadi buat Home Schooling nya bisa kenalin Saka ke banyak aktivitas dan ketika dia menyukai aktivitas tertentu maka kita cari tau dia suka melakukan kegiatan itu karena apanya. Misal dia suka berenang maka kita cari tau apa yang bikin dia suka renang, bisa jadi karena suka pake baju renang nya, ketemu temen renang nya, suka sama tempatnya, suka main air, or suka yang lain...nah dari beberapa kegiatan yang di sukain bisa di tarik benang merah kesukaan dia dan ending nya bisa kita tau apa minat dia.
  10. Tentang sekolah, apapun bentuknya ( mau sekolah digedung or Home Schooling ) tetep itu adalah butuh nya orang tua, sekolah itu alat bantu ortu. Jadi pastinya bikin belajar itu menyenangkan biar anak ga horor pas belajar.

Dan dari nongkrong kemaren juga ayah bunda juga dapet PR:
  1. Mantebin belajar kecewanya Saka,  karena jaman sekarang semua nya serba mudah, jadi ngebuat anak kecewa jaman sekarang memang perlu di sengaja biar dia sanggup kecewa dengan aman tanpa merugikan diri sendiri or sekitarnya.
  2. Pelajaran soal kepemilikan. Biar jelas mana punya Saka, ayah, bunda dan masing - masing belajar untuk ijin kalo udah nyangkut milik orang lain. Apapun itu termasuk kalo Saka pengen nyium ayah or sebaliknya. Biar ga saling menjajah atau memperkosa hak orang lain
  3. Pelajaran soal " selesai ", misal soal makan di resto kita sediain sendiri piring dan tanya dia porsi nya, setelah masing - masing setujua soal porsi baru sepakat mesti habis nasi, sayur, lauk sampe piring bersih sebelum 2 lagu di hape bunda habis.
  4. Ganti rugi, ini diterapin pas kita ga ada kesepakatan dan tiba - tiba terjadi kerugian di salah satu pihak. Misal: Saka tiba - tiba ambil dan pake roll on bunda tanpa ijin, bunda ngrasa ga suka dan ga setuju maka bunda bisa nuntut ganti rugi ke Saka buat naruh roll on nya, beresin make up yang di berantakain dan di info kalo ini barang - barang bunda, kalo Saka pengen pake mesti ijin dan nunggu bunda kasih ijin, kalo pun ga bunda ijinin ya Saka ga boleh maksa.
  5. Jangan sembarangan info ke Saka soal hak milik, misal rumah adalah bukan rumah Saka tapi rumah ayah dan bunda, TV juga bukan milik Saka sendiri tapi milik bersama, mainan bisa di info punya Saka kalo memang di beli untuk Saka. Karena kalo sudah milik kita kan terserah kita mau berbuat apa terhadap barang or benda itu tanpa persetujuan dari pihak lain.

Woosaaahhhh,,,,,memang jadi ortu itu ga ada sekolahnya, tapi banyak cara kok jadi ortu yang SMART, salah satunya ya dengan nongkrong sama pengacara anak hahaha. Sediakan hati dan diri buat terus belajar dan tumbuh bareng sama anak - anak. Anak - anak itu terus tumbuh, kalo ilmu ortunya mentok dan cetek ya siap - siap aja ketinggalan jaman dan ngerasain capek nya jadi ortu karena kita ga asik dan makin susah aja ngelola anak.....




keeplearning,

21 July 2013








No comments:

Post a Comment