Wednesday, September 25, 2013

Offering Help

Sempet beberapa waktu lalu bunda selalu ngelakuin kegiatan rumahan macam nyapu, ngepel, setrika, cabut rumput, siram tanaman, dll waktu Saka tidur or pas kebetulan Saka diajak keluar sama uti atau ayahnya, dengan harapan kerjaan cepat kelar tanpa di "ganggu" Saka ( kadang bantuan dari anak = gangguan buat ortu ) hihihi ngaku.
Akibatnya apa? akibatnya ya pekerjaan rumahan itu ya hanya sekedar kewajiban, yang mesti dikerjainnya super express, ga pake rasa ( kerja ala robot ) karena deadline sebelum Saka bangun or balik ke rumah semua kerjaan mesti beres, tapi lama - lama badan jadi berasa cape banget karena "serakah" pengen handle semua sendiri, karena pas anak tidur kita berkegiatan, giliran kegiatan rumah selesai lalu anak bangun dan tinggal kitanya teler pengen tiduran tapi anak udah pengen main - main hahaha, ga match kan jadinya.

Karena alasan ga match itu dan mulai kepikiran nanti Saka ga tau ada kerja keras apa di balik rumah rapi ini, ada kegiatan apa yang mesti selesai di balik bunda bisa diajak main diluar, akirnya mulai deh coba melakukan kegiatan rumahan bareng - bareng sama Saka. Begitu pulang kerja biasanya bunda istirahat dulu 1 jam, lalu lanjut ngajak Saka nyapu, siram taneman, dll. Ternyata setelah dirasain kegiatan rumah ini fun juga loh karena mulai ikhlas menerima "bantuan" Saka dan ples nya lagi ya Saka mulai belajar pelajaran hidup yang sebenernya, bahwa kalo mau nyaman di rumah memang rumah perlu di sapu & pel biar bersih,  kalo mau pake baju bersih dan rapi memang ada proses nyuci dan setrika ( Saka bantu ngambilin baju yang mau disetrika dan menaruh baju yang udah disetrika ke lemarinya or bantu dorong ember cucian baju kering yang siap dijemur ke belakang ), dan Saka mulai belajar kalo dia mau ngajak bunda main di luar, maka bunda mesti bersiin rumah dulu sebelum kita main dan itu membuat Saka belajar menunggu juga sampe semua beres dan tiba waktunya main diluar.

Sekarang Saka punya kebiasaan bertanya ketika bunda pulang kerja, bunda udah nyapu belum, udah ngepel belum, kalo bunda jawab belum dan di lanjut pertanyaan Saka " boleh bantu ga? " hohohoho buy 1 get 2 ini namanya, tadinya cuma pengen ngerjain kerjaan rumah sama anak bonusnya si anak mulai peka kalo dia bisa nawarin bantuan ke orang ( ijin membantu ) dan ikut terlibat seneng - seneng dalam prosesnya, ada bonusnya lagi, life skill ini yang nantinya akan dia bawa sebagai bekal hidup sebenarnya.

Ini yang aku suka dari Homeschooling, kami ga pernah membatasi bahwa belajar itu adalah matematik & science. Memang ortu yang berperan besar buat transfer ilmu life skill ke anak hihihi. 
aahhh,,, Jadi inget curhatan teman tentang suaminya yang ga pernah ngebantu ( boro - boro bantuin, peka aja enggak ) dalam hal kerjaan rumah tangga, jadi si istri sibuk sendiri deh dirumah, pasti dulu suami sibuk belajar akademis aja deh ya :p *ToungeOut



26 Sep 2013


No comments:

Post a Comment