Wednesday, September 3, 2014

with her own way....

Terbukti lagi dan lagi kalo manusia itu memang punya kebutuhan untuk bisa dan belajar dari sonononya dengan cara tersendiri, cuma kebutuhan untuk bisa dan belajar bisa jadi kandas hanya karena cara agar bisa itu harus "seragam", gimana bisa seragam kalo tiap - tiap orang punya kepribadian dan kemampuan yang ga sama.

Belajar dari film, game, video pasti dengan segera dicibirin " mainan kok di pake belajar, endi iso " ( mainan kok di pake belajar, mana bisa ) huehehehe itu komen dari para tetuah. Bukan menyalahkan para tetuah or meremehkan, iya ada benernya juga karena ga semua acara TV, video, game itu mendidik, jadi memang teutep kita para ortunya yang mesti milih mana yang bisa di kasih ke anak.

Bisa nulis kayak gini karena Saka selama ini banyak bersenang - senang sama video dan game, bisa mentoined warna in english, kenal angka, bergerak ala penari ballet, menyayi dan kemaren aku minta Saka mandi pagi tapi dia bilang nanti aja dan dia asik main di lantai dengan kalung mainannya lalu bilang " mama, look this circle " sambil nunjukin bentuk lingkaran yang dia buat dari rantai kalungnya



Dan lanjut dia bilang " this square " sambil nunjukin bentuk square yang di buat dari rantai kalungnya






Masih di lanjut lagi nunjukin model lain dari rantai kalungnya dan dia bilang " and this triangle "





ooohh wooow emaknya takjub sambil mlongo megang handuk mandi......
Kadang memang dia beberapa kata pake bahasa Inggris, ini karena tetangga kami ada yang dari Rusia, lalu aku bilang kalo Evi ( semoga bener tulisan namanya begini hahaha ) si temennya bicara pakai bahasa Inggris, jadi Evi dia belum tau bahasa Indonesia.

Dari cuma ngasih tau soal Ivy yang berbahasa Inggris, eh malah jadi panjang pertanyaannya mulai dari kenapa Evi ga bisa bahasa Indonesia, bahasa Inggrisnya kepala, mata, telinga, jalan, jemuran, ga suka, ga ada, dll semuaa di tanyain hihihihi,,,,,kesempatan donk ya buat emaknya masukin vocab.

Dan juga hal - hal simple seperti tolong buka - tutup pintu, nyalain - matiin lampu or ac, tutup - buka mata, dll yang sering kita lakuin, aku coba pake English lalu aku translate ke Indonesia. Aku ga tau apa cara ini benar or ga, but its work for Saka dan menurut dia itu fun yang bikin makin sering dia tanya dan pengen tau bahasa Inggris dari benda - benda di sekitarnya.

Kadang nih dia suka ngomel dengan bahasa yang "aneh" yang maksud dia sebenrnya pengen ngomong pake bahasa Inggris, itu ngundang banget pengen ketawa, tapi aku tahan dan aku tanya Saka pengennya ngomong apa, dia nyebutin dan aku kasih tau bagaimana Englishnya...



4 Sep 2014








No comments:

Post a Comment