Friday, September 19, 2014

Balita itu bisa membaca


Tiap jalan jalan aku dan Saka suka mengisi waktu selama perjalanan dengan tebak - tebakan warna warna yang kita liat, macam warna lampu lalu lintas, dll. Terus kasih tau logo - logo yang kita liat macam tempat makan, belanja, hotel. Akirnya dia hapal deh itu mall apa or hotel apa, lalu kita main tebak tebakan. Ya kalo Saka hapal, aku anggap itu biasa karena memang sering di lewatin.

Lalu, mulai dibikin kaget ketika Saka punya buku cerita bawang putih dan bawang merah yg bergambar, hampir tiap malam minta di bacain buku itu, bosen? Iya yang ngebacain sampe buosen hihihi, tp Saka nya ga pernah bosen. Akirnya karena emaknya iseng banget, lucu lucuan aja minta Saka gantian yang baca ceritanya, bunda yang dengerin dan ternyata tiap lembar gambar di buka dia bisa mengingat isi ceritanya sampe lembar terakir ( lembar nya ga banyak ). Jelas amazed me banget ini mah.

Lanjut karena Saka lagi suka sama tokoh kartun Sofia the first, kita beli buku cerita bergambar tema Sofia. Dan tetep sama, membaca cerita Sofia yang sama dari malam ke malam sampe dia hapal juga hahaha.  Mulai emaknya percaya ingatan anak itu setajam silet hahaha.
Dan sore ini seperti biasa berkendara motor dari uti ke rumah penuh kemacetan, tapi tiba tiba Saka bilang " bun, itu bis nya galeria loh " , memang ada bis kuning hijau di depan kami tapi itu kan bis kura kura transportasi umum dan bukan milik pribadi mall bali galleria, lalu aku tanya " bis nya galeria? Tau darimana Saka? "  dan ini jawabannya " iya, itu liat tulisan di atas kan bacanya galeria " duuuuh langsung deh meledak tertawa banggaku sambil nyiumin rambutnya yamg asem tapi tetep enak buat di ciumin hihihihi.

Iyaaa bener di kaca bis kunig ijo itu ada stiker tulisan "DFS Galleria" .... woow banget kan, ternyata teori teori bahwa balita bisa membaca itu bener ya. 
Tenaaang buibu jangan panik duluan dan menganggap Saka salah satu balita ajaib yang bisa membaca di usia belum genap 4th dan jangan juga buru buru ngepush balita dirumah biar bisa baca hihihihi. Jadiiii setelah kejadian sore tadi, akirnya aku browsing dan menemukan bahwa otak manusia memang di rancang buat selalu belajar, yang pasti perly terus di dukung sama suasana belajar juga yak, dan semua akan ada tahapan alami kapan anak bisa ini itu. Soal membaca, ternyata balita usia 3th - 5th  memang tahapan anak tertarik membaca simbol, gambar, logo dan ini termasuk kegiatan membaca sederhana. Thats why Saka hapal gambar ( dan cerita di balik gambar ). Kemaren aku nemuin bacaan tentang balita membaca  siapa tau bisa nambah pengetahuan kita.

Jadi sore ini, Saka tau itu tulisan DFS Galleria karena dia inget logo mall akibat sering di lewatin ( sering di ajak juga kesana hahahaha ).  Dan mulai menyadarkan emaknya biar ga bosen bosen bacain cerita buat Saka, ples di kasih sign sama Saka kalo dia butuh another buku bergambar.
Tuhan memang maha agung dan maha segalanya ya, sampai bisa menciptakan anak anak sehebat ini. Beruntung kita para orang tua bisa mendampingi dan ngeliat pertumbuhan hebat mereka. 

Setuju banget, manusia adalah pembelajar sejati, ga usah maksain anak harus belajar ini itu ( biasanya tuntutan kebangaan ortu hihihi ), semua ada waktunya, tinggal kita ciptain suasana mendukung belajar. Belajarpun juga ga melulu duduk diam, dimanapun kapanpun bisa aja belajar, jika mau loh ya hihihihi.



19 Sep 2014,

No comments:

Post a Comment