Tuesday, November 26, 2013

Saka sang penjual

Seperti yang udah pernah bunda ceritain soal dagang tunai bunda yang sering ga laku dan Saka ga jadi beli, jadi mulai coba trik jual kredit dan udah kliatan hasilnya. istilah kredit sama kayak arti sebenernya yang kita dapet barangnya dulu dan bayarnya belakangan.

Hari pertama bunda kreditin es loli setengah dan akan di bayar dengan makan pisang setengah pas ayah datang, deal, salaman.
Malemnya pas ayah datang bawa pisang dia mau makan pisang, cuma ada bumbu - bumbu strategi, yang katanya pisang jelek lah, pisangnya ga bisa di makan lah, sakit perut lah, and so on, cuma bunda cuekin aja karena tau itu strategi dan akirnya setelah sekian waktu yang aga panjang akirnya pisang abis dan hutang kredit lunas.

Hari kedua bunda kreditin coklat, bayarnya tidur nyenyak dan langsung bangun paginya, kalo ga sesuai kesepakatan brati makan pisang separo ya besok pagi, deal, salaman. Nah ini nih kalo jualan kredit teutep energinya pake "memberi saja" jangan pake energi "meminta" alias diem - diem mengharap anak ga gagal bayar, karena kalo kita "ngarep" dan ternyata anak gagal bayar ( ga sesuai harapan ) pasti kita kecewa dan bete sama anak ( yaaah anak lagi kena imbasnya ), kalo gagal bayar kan tinggal laksanain kesepakatan awal entah barangnya di minta or yang lain. 
Ternyata Saka juga gagal bayar karena dia bangun tengah malam dan cari - cari ayah, ga mungkin donk aku minta balik coklatnya yang udah di perut hahaha, jadi ga pake ngomel or kesel, kan tinggal minta Saka makan pisang separo paginya karena gagal bayar sesuai kesepakatan awal. Tapi ceritanya teutep sama, makan pisang jalan dan berstrategipun juga jalan hihihi, tinggal cueikin aja.

Hari ketiga, nah ini speacial banget deh. Waktu itu kita lagi di kasir minimarket, tiba - tiba Saka bilang " bun aku mau tidur ga bangun - bangun ( tidur nyenyak maksudnya ) aku dapet coklat ya" hahahaha aaaahhh peluuuk Saka, setelah 2 hari terpapar ilmu kredit dan akirnya dia coba - coba jadi penjual dengan menawarkan dagangan tidur nyenyak dan bunda beli bayar pake coklat, karena ini pertama kali Saka jadi penjual jadi bunda lolosin aja deh tapi tetep ada konsekuensi kalo misal Saka ga berhasil tidur nyenyak sesuai jualannya dia.

hihihi ga nyangka Saka cepet membaca situasi, sekarang setiap Saka jualan bunda setuju dan beli, next time bunda akan nawar biar Saka juga belajar negoisasi.



peluk peluk peluk
27 Nov 2013




No comments:

Post a Comment