Monday, November 4, 2013

Anak diare,,,

Salahku juga sih nurutin maunya Saka duduk depan pas kita keluar ke Kuta naik motor siang - siang dan makan di tempat baru yang ya bisa dibilang "tempat makan sembarang" my baaadddd :((, alhasil besoknya Saka sempet demam, cuma hari ke dua udah ga demam berkat kerokan bawang merah ples minyak telon dan pijit. Tapi setelah demam ilang ternyata buntutnya Saka jadi sering pup dikit - dikit di celana ( kecirit kalo kata orang jawa hehe ) sehari kira - kira 3 - 4 kali dan itu selama sekitar 4 harian.

Sebenernya udah tau tau kalo anak diare apalagi masih diare ringan ga perlu obat penyetop diare, karena akan stop sendiri ( self limiting ) jadi kita cuma make sure jangan sampe anak dehidrasi.Tapi karena Uti Saka terlalu worried dan akirnya nular ke aku dan ayahnya juga, akirnya iseng tanya ke apotik obat diare untuk anak dan aku kasih tau gejalanya, sigap banget penjaga apotik yang pake jas putih ala dokter kasih aku obat diare sirup ples ANTIBIOTIK pemirsah, aku langsung kaget karena ga nyangka masih musim ya obral antibiotik, ini balita loh dan diarenya ringan. Aku sempet tanya memang perlu ya sampe di kasih antibiotik mbak, si mbak jawab "perlu pake banget bu, karena kalo diare itu pasti bakteri dan hanya antibiotik yang bisa, ini harus sepaket obat diare dan antibiotik" *cleguk* cuma bisa nelen ludah sambil lirik - lirakan sama ayahnya hahaha. Akirnya aku bilang sama si mbak " uumm saya catet aja deh nama obatnya,nanti saya diskusikan dulu " dan segera cap n cus. Dijalan kita sempet terheran heran dan ngebahas soal antibiotik itu apalgi di kotak obat ada tulisan "resep dokter" & diapotik bisa bebas diberikan hohohoho.

Dont get me wrong, aku bukan anti obat or anti antibiotik, cuma aku berusaha lebih bijak aja soal pemberian obat dan antibiotik. Karena nurut logikaku, kalo diare kan brati ada something wrong yang ketelen sama tubuh, dan di tolak ples berusaha di keluarkan lewat muntah or diare, kalo proses pengeluaran racun di stop brati racunnya masih di dalem donk, jadi aku mutusin ga stop pengeluaran itu dan cuma make sure pencegahan dehidrasi dan terus pantau keadaannya. Browsing bentar ples tanya emak - emak lain, akirnya aku setujuh no antibiotik saat ini dan coba BRATY ( Bread, Rice, Apple souce, Toast Yogurt ) & tetep makan, minum seperti biasa, buat lebih detail dan jelasnya di google aja tentang BRATY dan treatmen diare pada anak or balita, bisa mampir juga ke milissehat .

hehehe aku iseng banget sih ya tanya - tanya obat diare segala hehe, lagian diare Saka kan bukan yang heboh, ya pelajaran aja biar kita lebih RUM ( Rational Use Medicine ) dan RUA ( Rational Use Antibiotik ) .



5 Nov 2013






No comments:

Post a Comment