Tuesday, August 20, 2013

Ujian Emosi itu bernama Demam

Minggu kemaren memang di uji banget nih emosi, di mulai dari Ayah Saka demam, lalu lanjut Saka dan nyampe juga ke Bunda demamnya,,,,hahaha brasa arisan ya semua nya dapat giliran.
Tapi yang paling menguras emosi adalah waktu Saka yang demam. Saka jarang sakit, kalo demam biasanya home treatment yang paling ampuh adalah kerokan pake bawang merah dan minyak telon lalu lanjut pijit dan tidur, sore atau besok pagi pasti udah langsung segar bugar lagi. 

Aku pribadi ga begitu hobi nelan obat, jadi aku tularin juga ke Saka untuk minim obat - obatan. Dan untuk kasus demam aku anggep itu bukan penyakit yang mesti segera di basmi, di turunkan segera suhu nya, karena demam itu bukan penyakit, melainkan tanda sistem pertahanan tubuhnya sedang aktif bekerja, nah kalo tiap demam langsung di kasih obat biar panas turun brati sama aja ga membiarkan tubuh sembuh secara alami, lah wong tiap mau perang senjatanya di ambil mulu ( tiap demam langsung di kasuh penurun panas ), suhu 36 - 37 der cel itu suhu normal.

Demam Saka kali ini seperti biasa aku maximalin home treatment nya selama 3 hari, mulai dari kerokan pake bawang & minyak telon ples pijet, kompres di lipatan ketiak & paha pake air anget, skin to skin ( kondisi kesehatan si ibu mesti bener - bener fit ya, kalo ga bisa ikutan sakit ), istirahat. Hari ke 2 demam udah sempet turun, tapi hari ke 3 dia demam lagi, jadi sesuai prosedur aku bawa ke RS untuk analisa dokter tgl 14 Aug 2013. Dokter suggest pake penurun demam via anus karena demam nya 39 der cel.
Dan iya panas nya turun sampe hari ke 4 situasi aman. Tapi dokter info kalo 2 hari lagi masih demam maka perlu di cek lab.
Ternyata hari ke 5, Saka demam lagi jadi langsung aku bawa ke RS untuk cek lab.

Dari cek lab Jumat 16 Aug 2013 itu kita tau trombosit Saka turun jadi 124rb, sedangkan trombosit normal sekitar 150 - 450rb. Huaaahhh pas tau trombosit Saka turun rasanya pala langsung berat dan pengen aku taruh lantai aja, karena di otak ku trombosit turun itu sama dengan DB. Sambil urus admin, aku ga pernah lepas dari google buat cari tau kenapa, sebab dan cara handle trombosit turun pada balita.
Dari hasil google, dari hasil ngobrol sama dokter di BBG Mommy Helper, dari ngobrol sama temen yang pernah ikutan seminar PESAT ( Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua ), dari ngobrol sama petugas lab ternyata setiap kali panas dan asupan cairan minim maka akan memicu turun nya trombosit. Dan turun nya trombosit itu belum tentu DB, untuk mengetahui pasti itu DB or bukan maka perlu di lakukan tes IgG dan IgM. Jadi fokus pada mem balance kan cairan tubuh, mulai dari sering minum apapun, makan normal, dan pantau pipis.

Okeh, jadi aku minta kertas untuk mencatat jam setiap mili air yang masuk ke Saka, dan sering - sering aku minta Saka untuk minum. Setiap maximal 4 jam aku minta Saka untuk pipis, makan normal ( justru pas di RS dia mau makan ). Pengecekan darah di lakukan 1 hari 2x, jam 6pagi & jam 6sore.
Setelah 1 hari di RS & infus, trombosit udah naik ke 131rb di pagi hari, tapi turun ke 116rb pas sore hari.
Aku jadi ikutan drop, pikiran ga karuan. But Thank God waktu itu kondisi emosi ku & suami lagi stabil, dan kami sangat tenang meng handle situasi ini. Tapi teutep emosi ini pengen segera disalurkan, akirnya karena rasa kuatir yang sebenernya ortuwi sekali ( manusiawi hehehe ) udah di ujung banget, akirnya menangis jadi pilihanku karena rasa bersalah setiap kali Saka di ambil darah, rasanya kami udah lalai sebagai ortu sampai ada kejadian ini. Di situasi ini aku cuma pengen nuntasin duka sampe lega & biar aku bisa berdiri tegak lagi & menentukan what for the next plan. Iya setelah menangis dan berduka dengan tuntas rasanya memang lebih ringan because i let the heart feeling the way & the head leading the way. Hati boleh berduka sepuasnya and in the end teutep setelah itu kepala yang mesti ambil alih jalan nya ;)

Setelah tuntas berduka, aku & suami kembali dengan obrolan ringan lalu tidur. Pagi 18 Aug 2013 jam 8  aku terima text dari suami bahwa trombosit Saka naik lagi & dokter bilang Saka udah boleh pulang. What a surprise,,,,ketika kita sudah berusaha & tetap memasrahkan hasil nya ke Tuhan maka semua nya jauh lebih ringan & percaya pertolongan Tuhan akan datang tepat waktu. Dan sekarang Saka dalam masa pemulihan dan udah kembali ceria seperti biasanya.

Kejadian 2 hari itu benar - benar ujian kesabaran kami sebagai orang tua. And lucky me to have the strong daughter & the best partner ever ! dan kita bisa lewatin itu semua dengan aman tanpa tantrum ,,,akan selalu ada hikmah dari setiap kejadian.






stayhealth!
21 Aug 2013


No comments:

Post a Comment