Monday, August 26, 2013

Math can be fun ;)

hihihi iya ada yang memang menganggap math is fun, tapi ada juga yang menganggap enggak banget deh matematik itu. Entah karena memang ga suka angka, ga suka cara guru or pengajar menyampaikan ilmunya or karena udah ke brain wash kalo math itu horor hehehe.

Kalo bunda sendiri memang ga begitu suka math, karena banyak faktor, mulai dari cara penyampaian dan ga suka angka dan karena memang bunda tipe yang dalam hidup hanya butuh simple math macam tambah, kurang, bagi dan kali. Dan karena dari dulu juga ga ada cita - cita bekerja di bagian hitung - berhitung maka sempet kepikiran ngapain sih belajar "sinus, cosinus, tangen" for sure i will not use that for shopping at market, right? hihihi thats bunda, tapi balik lagi karena sekolah nya di gedung yang kurikulum nya ga di create special for each children depend on their talents & interests maka ya mau ga mau belajar apa yang sudah di suguhkan oleh sekolah #nyengir. Padalan waktu itu bunda suka nari traditional dan hobi ngomong hahaha.

Thats why i do love homeschooling soooo muuucchhh, karena bisa create kurikulum sesuai bakat & minat or keahlian kita. "everybody is a genius, but if you judge a fish by its ability to climb a tree, it will live its whole life believing that it is stupid" ini kata Pak. Albert Einstein.  When you homeschool, the world is your classroom, iya karena belajar kan ga melulu di dalam ruangan dan sama guru, sekolah & guru itu cuma salah satu cara & sumber  ilmu, jadi pasti donk ya masih banyak cara di luar sana buat dapetin ilmu sesuai minat kita. Dan real life ga ada di dalam gedung & bergaul dengan yang seumuran saja, justru dari dunia luar pengetahuan kita jadi kaya & karena real nya kita ga akan bekerja dengan orang yang seumuran kita, tapi akan bekerja dengan berbagai macam usia dan karakter yang berbeda...  huuuaa pagi - pagi udah ngelantur aja nih ngomong nya, hehehe. Tapi bunda ga anti sekolah gedung kok, ini cuma cuap - cuap kelebihan energi pagi hari hahaha & memang ngarep nya bisa meng HS kan Saka juga ;)

Betewe kalo bunda ga suka math bukan berarti anti math ya, karena bunda dan Saka suka belajar sama dengan bermain, jadi kemaren sore coba ngajak Saka main math, berhitung pake mainan.
Bunda pernah cerita kan punya karpet multifungsi 
dan ternyata karpet ini beneran multi tasking deh hehe, jadi ornamen - ornamen kecil nya bunda lepasin semua, dan bunda kelompokin bentuk es krim yang ada 3 buah lalu minta Saka ngitung jumlah es krim nya, setelah dia nemuin total es krim nya berapa, misal 3 lalu bunda minta Saka cari angka 3 dan taruh di sebelah es krim, dan seterusnya begitu dengan bentuk ornamen yang lain. Kemaren kita berhitung sampe angka 4, dan cukup fun. Cuma Saka lebih interest bongkar pasang ornamen nya kayak puzzle hehe jadi ending nya kita main puzzle lagi deh sambil ngerapiin ornamen yang udah kita lepasin semua tadi.


Math can be fun kalo cara belajar nya juga ga pake adegan horor hehehe, dan udah banyak kok di inet math is fun, salah satu favorite ku IXL





27 August 2013




No comments:

Post a Comment