Saturday, April 27, 2013

Situasi sulit Saka

Beberapa waktu lalu aku pernah tulis note tentang bullying yang di lakukan anak tetangga ke Saka.
Dulu aku nanggepin nya adalah sebagai Fasilitas Pelindung anak, jadi hasil nya selalu berusaha make sure anak ga terluka secara fisik or psikis oleh lingkungan luar ( oleh anak tetangga waktu itu ).
Jadi aku selalu ikut campur pas mereka lagi bersengketa ( Saka suka di marahin anak tetangga tanpa sebab, padahal juga Saka nya lagi ga berbuat apa - apa ).
Dulu aku suka kepo banget tanpa ngliat itu situasi nya aman apa ga buat mereka belajar nyelesein masalah or belajar kecewa buat Saka.
Karena apa? setelah aku ngaca dan nge recheck diriku sendiri, ternyata aku nyepelein kemampuan Saka karena umur dan fisik yang masih kecil kalo di bandingkan sama anak tetangga yang udah seumuran TK.

Tapi setelah bebera waktu join di milis parenthink dan sering - sering kena sabetan dari temen - temen senior or psikolognya soal ortu yang suka nglindungin anak nya ini,
akirnya pelan - pelan aku belajar jadi ortu fasilitas belajar yang ga ikut campur kalo memang ga di libatkan anak, ga kepo kalo memang anak ga cerita ke kita,
dan stop menghawatirkan hal - hal yang belum tentu terjadi ( sibuk dengan pikiran sendiri a.k.a parno ).

Aku baru sadar kalo pem bully itu adalah juga korban dari bullying tanpa disadari, maka dari itu dia mengadopsi perilaku bully untuk melampiaskan emosi ke orang lain.
Dengan kata lain pem bully ini belum tau cara melampiaskan emosi or rasa kecewa nya dengan aman dan nyaman, akibat nya ya tantrum gini deh.

Nah lalu gimana dengan korban bully? kalo buat korban bully, maka anak masuk dalam situasi sulit, ada 3 pilihan :
1. Kuasai : sanggup ga anak menghentikan or menguasi perilaku bully teman nya plus resiko nya
2. Adaptasi : apa anak bisa menerima tindakan bully & beradaptasi plus resikonya
3. Selamatkan diri : ya stop main sama si pembully plus resikonya

Terus giman sikap ortu kalo liat situasi sengketa dengan orang lain.
1. Jadi wasit ( kayak wasit tinju, ga ikut campur selama situasi di nilai aman )
2. Ambil alih pas situasi ga aman, misal cakar, dorong, jambak, dll ( tapi perhatiin dulu pas adegan tantrum itu emosi apa strategi,
kalo emosi brati amankan pelaku, kalo strategi brati aman kan korban )
3. Jadi kamus or pendengar dan sediakan hati berdasar energi pas anak datang ke kita.
- bisa aja kan anak datang ke kita karena bully tapi cuma ingin curhat aja, pengen di dengar dan melampiaskan kesedihan nya plus ga pengen ortu ikut campur.
- bisa juga anak datang ke kita untuk cari kamus ( what should they do ), kalo udah gini ya tinggal di paparin 3 situasi sulit, dan biarkan
anak yang menentukan mana pilihan yang paling sanggup di hadapi resiko nya, jd bukan ortu yang memutuskan untuk anak.

Lalu sikap ortu pembully mesti gimana?
1. Teladani dari sikap kita, ga menutup kemungkinan children see children do dari sikap ortu sendiri *hihihihi
2. Iklanin cara ngluarin emosi yang aman dan nyaman.

Terus kalo anak ga cerita pas di bully?
1. Barti kita masih belum di anggap anak sebagai kamus or tempat curhat terpercaya, jadi yasud brati PR ortu menjalin hubungan dengan anak senyaman mungkin.

Daaan setelah bertapa mendalami jurus ortu ga kepo ini akhirnya aku rela berdarah dan kesilet ini perasaan pas liat Saka bersengketa sama anak tetangga, mungkin Saka kecewa dengan perilaku temen nya dan masuk situasi sulit buat nya.
Di luar dugaan, ternyata Saka bisa menguasai keadaan, pas adegan sengketa Saka langsung nyuruh teman nya pulang ( kalo kejadian pas ada di rumah ) or Saka balik bilang ga suka sama perlakuan temen nya ( kalo kejadian berada di luar rumah ),  *dancing....
Lalu sampe sekarang pun Saka ogah maen sama mereka, dia lebih suka main sendiri or main sama temen lain dan pergi gitu aja kalo ada anak tetangga yang ini.
Kecualiiii anak tetangga yang suka ganggu itu punya penawaran menarik ke Saka baru deh Saka mau maen bareng dia hahaha.
Anak siapa ituuuuuh? *anak ku donk hihihihihi.


Jadi sekarang aku lagi menikmati peran jadi wasit sambil ngompakin hati - kepala.


28 April 2013

No comments:

Post a Comment