Sunday, April 21, 2013

Kenapa HS

Belajar bisa dimanapun,
Belajar bisa kapanpun,
Belajar bisa dengan siapapun,



Kalo ga salah aku mulai kenal HS ini kurang lebih th 2010 waktu anak ku baru lahir, kenal dari baca - baca buku parenting, internet & obrolan dengan teman, tapi belum sampe terpikir akan meng HS kan anak ku nanti nya.
Udah kebayang duluan bakalan ribet kalo HS, karena pasti galau soal kurikulum, ijazah, dll, maklum dari lahir udah di cekokin sekolah ( di gendung ) itu wajib dan di sekolah udah di tetapkan kurikulum yang juga wajib di ikutin siapapun. Jadi pas kenal sama HS yang membebaskan soal kurikulum malah bingung mesti gimana.
Bingung nya lebih pada takut nanti apa iya pelajaran yang aku kasih ke anak ku itu udah dalam track yang benar dan seharus nya, dll, dst, dsb.


Jadilah aku menggila browsing ngumpulin info sana sini, nge save link sana sini dan fokus ke How to itu sendiri. Jreeng - jreeng,,,,,akirnya karena capek dan pusiinng terlalu banyak materi dan info, berakirlah aku stop membrowse dan ngobrol soal HS sama temen or suami.
Lagian keburu pesimis soal HS dan masadepan nya, keburu pesimis bakalan susah nemuin peminat atau komunitas HS di bali, dll.


My life is back to normal without kepo soal HS !!!!!
1th lewat, tapi ternyata HS ga begitu saja ilang dari kepalaku, dan beneran beberap waktu blakangan aku mulai gencar lagi ngubek - ngubek internet.
Sampai akirnya tangan gratilan join di milis sekolah rumah, ternyata bener there is a will there is a way, hanya dalam hitungan hari aku langsung di sambut oleh temen - temen HS.
Dan bahkan secara ga sengaja nemuin 2 keluarga penyelenggara HS yang udah start duluan, ada yang anak nya 3th, 8th, di atas 13th.
Dan tangal 21 April 2013 kami sempet bertemu dan berbagi cerita dengan suami, 1 orang teman penyelanggara HS dari Jogja dan 2 orang teman penyelanggara HS dari Bali. Rasanya legaa banget bisa denger langsung gimana keseharian keluarga HS dan apa aja sebenarnya yang mereka pelajari.


Aku mulai melonggarkan hati, ngurangin tegang karena takut masa emas perkembangan anak akan lewat begitu saja tanpa stimulus - stimulus.
Dan mulai sadar kalo anak itu bukan kertas kosong yang mesti di tulisin oleh orang tua atau guru dan menghilangkan keunikan anak itu sendiri.
Dan juga mulai sadar kalo belajar itu bukan proses memasukan tapi justru proses mengeluarkan, mengeluarkan potensi mereka untuk mencari materi & belajar mandiri.
Dan mungkin nanti akan tiba waktu nya anak jadi rekanan kita, dan ortu jadi konsultan plus kamus anak.


Sekarang aku sedang menikmati menuju HS untuk anak ku yg 2th sampai nanti menjelang usia SD ( skip TK ), karena aku menganut wajib belajar adalah usia 7th hihihi, setelahnya keputusan akan kembali ke Saka, mau tetap HS atau ke Sekolah,  karena yang menjalani adalah anak jadi udah sepantasnya anak ikut andil pengambilan keputusan dan bertanggung jawab.


Aku tidak pintar,
Tapi aku mau belajar,
Aku bukan orang tua yang tau segalanya,
Tapi aku mau mendengarkan anak.



Hugs,

22 April 2013

 

No comments:

Post a Comment