Thursday, April 10, 2014

She doesnt speak English?

Ngobrolin soal kegiatan ballet Saka, hari Sabtu 2 minggu lalu adalah hari trakir Saka ballet sama Miss. Linda di Body Star, dan Senin minggu kemaren adalah hari pertama Saka gabung ballet di kelas creative dance untuk usia 3th di Bali Dance Asia. Alasan Saka pindah tempat ballet karena selama 1 bulan kemaren aku peratiin Saka lah murid termuda, yang lain sekitar 4 - 6th jadi gerakan ballet nya kurang sesuai untuk anak seusia Saka. Enjoy aja si Saka, cuma ada sesuatu yang kurang kalo aku perhatikan lebih detail.

Jadi aku dan suami putusin untuk trial di Bali Dance Asia yang memang untuk usia 3th, kelasnya cukup fun, gerakan memang untuk anak seusianya ( rolling, jump, dance with ribbon, etc ). Setelah tanya dengan yang bersangkutan alias Saka, dia mau ballet di tempat yang baru. Memang lokasi lebih jauh dari tempat ballet pertama, tapi yasudahlah masih bisa di handle soal jarak, lagian juga 1 minggu sekali.

But, one thing i never thinking before, every children in creative dance class are "bule" and ofcourse they speak English & the teacher also, sedangkan Saka selama ini yang dia kenal cuma bahasa Ibu, yaitu bahasa Indonesia hihihi. Tapi segera aku tanya ke si Miss nya apa dia bisa bahasa Indenesia atau tidak, and thank God she speak Bahasa. 

Jadi tempat ballet Saka yang baru ini bukan cuma Saka yang belajar, tapi emaknya juga dapet PR buat ngenalin Eglish ke Saka hihihi. Alasanku sendiri kenapa ga getol ngajarin anak English karena aku pengen Saka manteb dulu bahasa Ibu, dan alasana ke 2 karena aku dan suami serta keluarga besar sama - sama orang Indonesia dan stay di Indonesia, jadi lebih mudah berkomunikasi pake bahasa kami.
Tapi sekarang ini Saka cukup mantab dengan kemampuan bahasanya, dia sudah bisa membedakan penyebutan angka dengan bahasa Indonesia dan English.

Tapi ini juga bukan beban buat aku dan Saka, bukan juga "cita - cita" ortu yang bangga kalo anaknya bisa cas cis cus pake bahasa asing di usia dini dengan berbagai cara yang di halalkan hihihi. Ballet ini buat nyalurin hobi Saka yang lagi seneng - senengnya bergerak, kalo pun akirnya kami punya jobdesk tambahan belajar bahasa asing ya itu berkah buat kami. Dan sekarang lagi cari - cari cara yang fun buat ngenalin bahasa asing ke Saka hihihi.....








11 April 2014





No comments:

Post a Comment